YouTuber Terkaya di Indonesia 2023 - Siapakah Mereka ?

Admin

YouTuber Terkaya di Indonesia 2023 -  Menjadi seorang konten kreator di YouTube, atau lebih dikenal dengan istilah YouTuber, semakin diminati oleh banyak orang. Saat ini, para kreator ini berlomba-lomba untuk menyajikan konten menarik demi menarik perhatian penonton dan meningkatkan jumlah subscribers.


Alasan utama mengapa banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi YouTuber adalah karena platform ini dapat menghasilkan pendapatan. Pendapatan ini diperoleh melalui program Google AdSense, layanan iklan yang dimiliki oleh Google, yang saat ini juga telah mengakuisisi YouTube.


Google memiliki beberapa syarat untuk membayar para YouTuber. Syarat tersebut termasuk memiliki setidaknya 1.000 subscribers dan video yang diunggah sudah ditonton selama minimal 4.000 jam dalam setahun.


Pendapatan seorang YouTuber dihitung berdasarkan cost per mille (CPM) dan cost per click (CPC). CPM adalah pendapatan yang diperoleh dari setiap 1.000 penayangan iklan, sedangkan CPC diperoleh ketika penonton mengklik iklan yang muncul di video.


Contoh dari potensi pendapatan seorang YouTuber bisa dilihat pada tahun 2018 ketika majalah Forbes menjelaskan bahwa video yang memiliki 1 juta penonton bisa menghasilkan lebih dari US$500 atau sekitar Rp7,2 juta per bulan.


Tentu saja, pendapatan seorang YouTuber dapat berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor. Namun, satu hal yang pasti adalah semakin banyak iklan, subscribers, dan penonton, maka semakin banyak pula uang yang bisa dihasilkan. Namun, perlu diingat bahwa keuntungan tersebut juga akan dibagi dengan YouTube.


Di Indonesia, banyak orang yang juga berhasil meraih keuntungan dari YouTube. Pada tahun 2023, terdapat setidaknya 7 YouTuber yang diperkirakan memiliki penghasilan yang cukup tinggi dari platform ini, menurut statistik yang dihimpun oleh Social Blade dan dilansir oleh Media Indonesia.


YouTuber dengan Penghasilan Terbanyak


YouTuber Terkaya di Indonesia 2023

1. Frost Diamond

Seorang YouTuber yang menghadirkan konten dengan tema permainan, Frost Diamond, telah berhasil menarik perhatian sebanyak 28,4 juta subscribers.

Menurut perkiraan, Frost Diamond memperoleh pendapatan dari YouTube antara US$77 ribu hingga US$1,2 juta per bulan, yang setara dengan Rp1,14 miliar hingga Rp17,82 miliar dalam mata uang Indonesia.

Kepiawaian Frost Diamond dalam menciptakan konten gaming telah membawanya menjadi YouTuber Tanah Air dengan penghasilan tertinggi dan menempatkannya pada peringkat nomor satu di antara para YouTuber Indonesia.


2. Jess No Limit

Dengan jumlah pengikut sebanyak 27,9 juta subscribers, Jess No Limit adalah seorang YouTuber yang sangat antusias dalam menghadirkan konten gaming.

Diperkirakan, ia mampu menghasilkan pendapatan yang mencapai angka US$28,1 ribu hingga US$449,8 ribu per bulan. Jumlah ini setara dengan penghasilan sekitar Rp417,49 juta hingga Rp6,68 miliar per bulan dalam mata uang Indonesia.

3. Deddy Corbuzier

Dengan jumlah pengikut mencapai 20,5 juta subscribers, Deddy, yang dulunya seorang pesulap, kini sering membahas beragam isu dalam talkshow-nya di YouTube.

Estimasi pendapatan bulanan Deddy berada dalam kisaran US$15,1 ribu hingga US$242 ribu, yang setara dengan Rp224 juta hingga Rp3,59 miliar per bulan dalam mata uang Indonesia.

4. Rans Entertainment

Rans Entertainment, kanal milik keluarga sultan Indonesia, yang dikelola oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, telah berhasil mencapai 25,2 juta subscribers.

Berdasarkan perkiraan, Rans Entertainment mampu menghasilkan pendapatan sekitar US$14,1 ribu hingga US$232,2 ribu per bulan, yang setara dengan Rp215,43 juta hingga Rp3,44 miliar per bulan dalam mata uang Indonesia.

5. Ricis Official

Ria Ricis menjadi YouTuber dengan jumlah pengikut terbanyak di Indonesia, mencapai 32,5 juta subscribers.

Estimasi pendapatan dari konten-konten YouTube miliknya berada dalam rentang US$13,2 ribu hingga US$211,1 ribu per bulan, yang setara dengan Rp196,25 juta hingga Rp3,13 miliar per bulan dalam mata uang Indonesia.


Tags
To Top